6723812323954065981

Masyarakat di Himbau Jaga Kondusifitas Jelang Pilkada Serentak 2024

Penulis : harapank - Minggu, 16 Juni 2024 08:30 WIB - 335 Views

Muara Teweh – Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2024 (Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng dan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Barito Utara) tidak lama lagi akan dilaksanakan tepatnya pada bulan November 2024 akan datang.

Terkait hal tersebut Ketua DPRD Kabupaten Barito Utara Hj Mery Rukaini menghimbau kepada seluruh lapisan warga masyarakat di daerah ini untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban (siskamtibmas) jelang pilkada.

“Kami selaku unsur pimpinan DPRD Barito Utara menghimau kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Barito Utara untuk bersama-sama menjaga situasi dan suasana kondusif yang selama ini sudah terpelihara jelang Pilkada Serentak tahun 2024,” kata Hj Mery Rukaini, Minggu (16/6/024).

Ketua Dewa juga berharap, masyarakat di daerah juga hendaknya mengawasi dan memantau agar proses pelaksanaan Pilkada Serentak pada bulan November 2024 mendatang berjalan aman, tertib dan juga lancar tanpa ada hambatan serta gangguan di lapangan.

Ketua DPRD juga meminta kepada masyarakat berperan aktif dalam mengawasi selain pengawasan dari Bawaslu agar setiap tahapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Barito Utara berjalan jujur dan adil.

Ketua Dewan juga meminta KPU sebagai penyelenggara pemilu bisa menjalankan tugas sebaik-baiknya didukung seluruh perangkat baik di tingkat panitia pemungutan suara hingga tingkat kecamatan.

Selain itu jelasnya, Bawaslu juga diharapkan meningkatkan pengawasan dalah tahapan tahapan Pilkada Serentak 2024. “Harapan kami, KPU sebagai unsur penyelenggara bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan Bawaslu sebagai pengawas juga melakukan pengawasan sehingga pemilu bisa berjalan jujur dan adil,” ucap Ketua DPRD Hj Mery Rukaini.

Sebelumnya, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Barito Utara (Kesbangpol Barut) meminta kepada semua komponen masyarakat untuk mendukung tahapan pelaksanaan pilkada Serentak pemilihan calon gubernur dan calon wakil gubernur Kalimantan Tengah dan pelaksanaan pemilihan calon bupati dan wakil bupati Barito Utara 2024 mendatang.

“Saat ini KesbangPol Barito Utara bersama pihak terkait di daerah ini telah melakukan konsolidasi untuk persiapan Pilkada Serentak 2024 di wilayah Kabupaten Barito Utara,” kata Kaban KesbangPol, Rayadi, Selasa (11/6/2024) di Muara Teweh.

KesbangPol Barito Utara kata dia bersama TNI-Polri serta Pol PP, para Camat serta para Lurah dan Kepala Desa diwilayah Barito Utara bersama-sama melakukan pemetaan terkait kerawanan dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 untuk memudahkan dalam penanggulangan dan pengamanan Pilkada 2024 yang akan diselenggarakan pada bulan November 2024 mendatang.

Rayadi juga menghimbau kepada seluruh warga masyarakat di Kabupaten Barito Utara yang mempunyai hak pilih nanti untuk bisa menggunakan hak pilihnya dalam pelaksaanaan Pilkada 2024 mendatang.

“Dan juga kami mengingatkan agar para pendukung dan pemilih para kandidat bakal calon Kepala Daerah, untuk selalu menjaga keamanan serta ketertiban, demi terciptannya iklim Pilkada Kabupaten Barito Utara 2024 yang konsudif, aman dan lancar,” kata Rayadi.(is)

Related Posts

Rekomendasi