6723812323954065981

Pj Bupati Barut Hadiri Apel Siaga Alsintan di Makorem 102 Pjg

Penulis : harapank - Sabtu, 15 Juni 2024 10:20 WIB - 332 Views

Palangka Raya – Dalam rangka peningkatan lahan tanam dan produksi pertanian di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui pompanisasi, Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis didampingi Kepala Dinas Pertanian Ir Sugeng dan Dandim 1013 Muara Teweh, Letkol Inf Agussalim Tuo menghadiri Apel Siaga Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) di Lapangan Bola Makorem 102/Pjg, Palangka Raya , Jumat (14/6/2024).  

Apel Siaga Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) di Lapangan Bola Makorem 102/Pjg, Palangka Raya ini dipimpin oleh Menteri Pertanian (Mentan) RI H Andi Amran Sulaiman. Dan dihadiri Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan, unsur Forkopimda Kalteng, Pj Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu, Kepala OPD lingkup Kalteng dan kabupaten/kota se-Kalteng, Dandim Kabupaten/Kota se Kalteng, penyuluh pertanian se Kalteng serta para petani di Kalteng.

Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis mengatakan bantuan Kementerian Pertanian yang diberikan kepada kelompok tani harus dirawat dan dikelola dengan baik dan bisa digunakan bagi seluruh petani dan kelompok tani.

“Kita hadir disini untuk turut menyaksikan penyerahan bantuan dari Kemeterian Pertanian untuk kelompok tani kita melalui Pemerintah Provinsi, bagi penerima bantuan kiranya nanti agar saling bekerjasama dengan baik dalam hal penggunaan bantuan Alsintan tersebut,” kata Pj Buapti Muhlis.

Pj Bupati Muhlis juga meminta bantuan berupa Alsintan tersebut agar dapat dipelihara, dijaga, da dikelola dan digunakan dengan baik sehingga alat mesin pertanian itu dapat dimanfaatkan. Tidak cepat rusak, tidak disalah fungsikan atau digunakan untuk hal lain, karena alat ini diberikan bukan untuk pribadi tetapi untuk kelompok tani,” kata Muhlis.

Sebelumnya, Menteri Pertanian RI H Andi Amran Sulaiman saat pimpin apel menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Kalteng beserta seluruh unsur Forkopimda Kalteng atas dukungan percepatan Optimasi Lahan dan Pompanisasi di wilayah Kalteng.

“Hari ini melihat kemajuan optimalisasi lahan terbaik seluruh Indonesia. Saat ini kita berikan kurang lebih 81000 Ha, dimana bantuan pemerintah ini merupakan bantuan terbesar kedua seluruh Indonesia. Kalau ini selesai dalam waktu cepat, kami akan menambah bantuan di Kalimantan Tengah,.” Kata Kementan H Andi Amran Sulaiman.

Kementan Andi Amran Sulaiman juga mengharapkan Provinsi Kalimantan Tengah dapat membangun cluster menjadi lumbung pangan Indonesia bahkan dunia. “Diharapkan Kalimantan Tengah dapat membangun cluster lumbung pangan Indonesia,” ucap Kementan H Andi Amran.

Pada kesempatan itu juga Mentan RI Andi Amran Sulaiman menyerahkan secara simbolis kepada Sekda Kalteng Drs H Nuryakin bantuan untuk Privinsi Kalteng yakni program Kementerian Pertanian tahun anggatan 2024 berupa bantuan alat dan mesin pertanian senilai Rp 8.039. 600.000,-.(is)

Related Posts

Rekomendasi