6723812323954065981

Prioritaskan Program Kerja pada masing-masing PD yang sejalan dengan RPJM

Penulis : harapank - Senin, 1 April 2024 08:25 WIB - 338 Views

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis meminta kepada kepala perangkat daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) agar memprioritaskan program-program kerja pada masing-masing perangkat daerah (PD) yang sejalan dengan RPJM.

“Prioritaskan program-program kerja pada masing-masing perangkat daerah yang sejalan dengan RPJM Nasional, dan RPJM Provinsi Kalimantan Tengah seperti penurunan stunting, pencegahan kemiskinan, pengangguran serta peningkatan kualitas mutu pendidikan dan kesehatan,m” kata Pj Bupati Muhlis saat membuka Musrenbang RKPD Kabupaten Barito Utara tahun 2025, di gedung Balai Antang, Senin (1/4/2024).

Selain itu kata Muhlis, sebagai salah satu kabupaten penyangga ibukota baru nusantara di wilayah Kalimantan Tengah, dirinya meminta kepada para kepala perangkat daerah agar cermat menangkap peluang kerjasama dengan daerah khusus otorita IKN dan wilayah sekitar terkait komoditi yang menjadi penyumbang di IKN nantinya.

“Juga kepada para Camat, pelaku usaha agar memanfaatkan peluang ini, untuk kita terus bergerak melangkah maju menuju Indonesia Emas 2045,” ucap Pj Bupati Muhlis.

Kemudian Muhlis juga meminta kepada para Kepala Desa (Kades) dan BPD agar mendorong Bumdes yang ada agar memanfaatkan potensi yang dimiliki sehingga dari desa mampu menghasilkan produk-produk unggulan, misalnya di Desa Paring Lahung ada beras Talun Koyem, di Kecamatan Gunung Purei memiliki hasil kerajinan rotan, di Kecamatan Teweh Timur menghasilkan jagung varietas unggulan.

“Hal ini agar bisa ditiru oleh masing-masing Bumdes dengan memanfaatkan potensi di desa masing-masing sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa masing-masing,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu Pj Bupati Muhlis menyampaikan atas nama msayarakat dan Pemkab Barito Utara mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Tengah yang telah berkenan bergabung pada kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten Barito Utara Tahun 2025.

“Dan kepada semua pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu-persatu yang telah hadir untuk bermusyawarah menentukan segala skala prioritas pembangunan Kabupaten Barito Utara tahun anggaran 2025,” pungkasnya.(is)

Related Posts

Rekomendasi