6723812323954065981

42 Peserta Putra Putri Pariwisata Ikuti Pembekalan dan Pemberian Materi

Penulis : harapank - Sabtu, 9 Maret 2024 07:30 WIB - 336 Views

Muara Teweh – Sebanyak 40 orang peserta putra dan putri Pariwisata Kabupaten Barito Utara tahun 2024 mengikuti pembekalan dan pemberian materi dari Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Barito Utara (Disbudparpora Barut), di aula Disbudparpora setempat, Sabtu (9/3/2024).

Dalam kegiatan pembekalan dan pemberian materi tersebut dihadiri Kadis Budparpora Barito Utara, Hj Annisa Cahyawati yang juga memberikan materi terkait kepariwisataan dan Seni Budaya Kabupaten Barito Utara.

Selain itu, materi yang diberikan kepada Putra Putri Pariwisata Barito Utara tahun 2024, kepribadian, manner dan stage Act yang disampaikan Erni Irmawati, promosi wisata dan ekonomi kreatif disampaikan Dr Fahmi R Kubra.

Kemudian materi terkait adab, etika dan moral disampaikan Maheni Agustina Melani, cagar budaya dan tradisi disampaikan Hardianto dan kehumasan, seni dan publik speaking disampaikan Puspo Pristiwantoro. Materi yang disampaikan oleh pematei masing-masing selama 60 menit.

Pada kesempatan itu, Kadis Budparopra Barito Utara Hj Annisa Cahyawati saat memberikan materi terkiat Kepariwisataan dan Seni Budaya Kabupaten Barito Utara. Dimana dirinya mengatakan bahwa Putra Putri Pariwisata nantinya akan mempromosikan potensi wisata, objek wisata, kesenian dan kebudayaan yang ada di wilayah Kabupaten Barito Utara ke dunia luar atau dunia luas.

“Promosi ini nanti melalui apa saja yang bisa nanti digunakan untuk mempromosikan daerah kita ini dengan segala sesuatunya agar bisa dikenal masyarakat luar, dan itu lah tugas seorang duta wisata sebagai mitra Pemerintah Kabupaten Barito Utara,” kata Hj Annisa Cahyawati.

Mitra kata dia merupakan kata kunci, dan menuntut adik-adik semua untuk bertanggungjawab karena sebagai mitra Pemerintah. Jadi Mitra Kerja merupakan kerjasama dan Duta pariwisata masuk dalam tim kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Utara dalam hal mempromosikan dan memperkenalkan Destinasi Wisata yang ada di Kabupaten Barito Uitara, supaya destinasi di daerah kita dikunjungi oleh wisatawan maupun investor.

“Sehingga banyak orang-orang atau wisatawan yang berkunjung di Kabupaten Barto Utara dalam rangka membantu pertumbuhan perekonomian di daerah kita,” kata Hj Annisa Cahyawati.

Lebih lanjut Annisa, di Kabupaten Barito Utara memiliki banyak sekali potensi wisata, keindahan alam baik itu keindahan alam air terjun, seni budaya, Dan itu merupakan salah satu potensi objek wisata. Ada sekitar 62 objek wisata yang tercatat di Dinas Budparpora Kabupaten Barito Utara.

“Dari sekian destinasi tersebut, Pemkab Barito Utara menetapkan tiga objek wisata yang di unggulkan melalui Peraturan Bupati, jadi tiga objek wisata unggulan Barito Utara itu adalah DAM Trinsing di Desa Trinsing, Bumi Perkemahan Panglima Batur Desa Trahean dan Air Terjun Jantur Doyam di KM 18 Jalan Negara Muara Teweh-Puruk Cahu,” kata Hj Annisa Cahyawati.

Kenapa tiga objek wisata tersebut di unggulkan, karena fokus pembangunan ke pariwisataan ditujukan kepada tiga objek wisata tersebut. Dengan tujuan agar objek wisata tersebut representatif.

“Dan tugas-tugas Duta Pariwisata salah satunya adalah mempromosikan, memperkenalkan objek wisata yang ada di daerah setempat. Dalam memperkenalkan objek wisata tersebut, Duta pariwisata harus mengetahui apa isinya yang di promosikan tersebut, bagaimana pesona, keindahan seperti apa,” kata Hj Annisa.

Duta Pariwisata kata dia lagi harus memiliki daya tarik bagaimana caranya bisa menarik para wisatawan, sehingga para pengungung bisa termotivasi untuk berkunjung ke Kabupaten Barito Utara.

Setelah pembekalan dan pemberian materi, 42 peserta ini pada Minggu tanggal 10 Maret 2024 akan mengikuti tes wawancara, pada Senin 11 Maret 2024 dilaksanakan penilaian unjuk bakat penilaian photogenic di aula dinas setempat.(is)

Related Posts

Rekomendasi