6723812323954065981

Pj Bupati : GBN Merupakan Kegiatan yang Dicanangkan Kemendikbud Ristek

Penulis : harapank - Sabtu, 17 Februari 2024 08:18 WIB - 338 Views

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis mengatakan Gita Bahana Nusantara (GBN) merupakan kegiatan yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Kemendikbud Riset) RI, yang mana merupakan wadah berkumpulnya putra putri terbaik perwakilan seluruh provinsi di indonesia. 

Hal tersebut diungkapkan Pj Bupati Muhlis melalui Staf Ahli Bupati drg Dwi Agus Setijowati saat membuka kegiatan seleksi GBN tingkat Kabupaten Barito Utara tahun 2024, di aula Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) setempat, Sabtu (17/2/2024).

“Gita Bahana Nusantara akan menampilkan aubade lagu nasional, lagu perjuangan dan lagu nusantara pada saat upacara HUT RI tanggal 17 Agustus di istana negara,” kata Dwi Agus Setijowati membacakan sambutan tertulis Pj Bupati.

Dikatakannya, seleksi GBN tingkat Kabupaten Barito Utara tahun 2024 tidak hanya bertujuan mencari pemenang dari hasil seleksi, melainkan juga sebagai wadah silaturahmi pemuda pemudi dan pelajar di Kabupaten Barito Utara.

“Dan tujuan dari kegiatan ini adalah melestarikan lagu wajib dan lagu nasional. Kita ketahui bersama bahwa setiap upacara bendera hari senin, kita menyanyikan lagu wajib indonesia raya dan lagu nasional mengheningkan cipta,” ucapnya.

Begitu juga tambahnya saat upacara hari besar nasional misalnya Hari Pahlawan, Hari Kesaktian Pancasila, dan Hari Sumpah Pemuda, biasanya lagu wajib dan lagu nasional akan ditampilkan dan dinyanyikan oleh tim paduan suara.

Lebih lanjut dikatakan Dwi Agus selain menambah rasa nasionalisme dan bangga pada bangsa indonesia, juga mengingatkan kita pada jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului kita.

Ia juga mengatakan bahwa dalam seleksi ini ada 4 (empat) jenis kategori suara yang akan menjadi pemenang seleksi yaitu kategori suara sopran, suara alto, suara bass dan suara tenor.

“Kita sama-sama berharap, kiranya para peserta dapat menggali potensi diri dari kegiatan ini. Tidak hanya menyanyi tapi juga bersikap dan melatih mental sebagai generasi muda yang baik. Semoga seluruh peserta nantinya dapat menampilkan yang terbaik,” kata dia.

Dan kepada para tim penilai, Pj Bupati berharap kiranya dapat memutuskan hasil seleksi dengan objektif dan penuh tanggung jawab. Sehingga nantinya, siapapun yang terpilih, akan dapat membawa nama baik Kabupaten Barito Utara di tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para kepala sekolah, pimpinan perguruan tinggi, para guru yang telah berkenan mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti kegiatan ini. Dan saya ucapkan terima kasih kepada Disbudparpora Barito Utara, selaku leading sektor kegiatan ini,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu juga Pj Bupati melalui staf ahli bupati memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Alya Zaskia, pelajar MAN Barito Utara dan Margonius Wijayanto, pelajar SMAN 1 muara teweh dan para pelatih yang pada tahun 2023 telah membawa nama harum Kabupaten Barito Utara sebagai wakil Provinsi Kalimantan Tengah pada Gita Bahana Nusantara di tingkat nasional.

“Ini adalah prestasi Pemerintah Kabupaten Barito Utara yang perlu dipertahankan oleh kita semua,” pungkasnya.(is)

Related Posts

Rekomendasi