6723812323954065981

Camat Teweh Tengah pada H-4 akan Lakukan Tinjauan ke TPS di Melayu dan Lanjas

Penulis : harapank - Sabtu, 10 Februari 2024 12:54 WIB - 336 Views

Muara Teweh – Pelaksanaan Pemilu 2024 tinggal menghitung hari, dimana PPK Teweh Tengah telah mempersiapkan segala sesuatunya untuk kelancaran pelaksanaan Pemilu tersebut.

Camat Teweh Tengah, Jati Prayogo mengatakan bahwa pada Minggu tanggal 11 Februari 2024 atau H-4 akan melaksanakan tinjauan, kalau tidak memungkinkan H-4 akan lanjut ke H-2 untuk melakukan peninjauan ke 126 TPS yang ada di Kelurahan Melayu dan Kelurahan Lanjas.

“Pada hari Minggu kami bersama unsur Tripka, Lurah Lanjas, Lurah Lanjas, Ketua PPK, Ketua Panwascam akan melakukan kunjungan ke 126 TPS yang ada di Kelurahan Melayu dan Kelurahan Lanjas,” kata Camat Teweh Tengah Jati Prayogo, Sabtu (10/2/2024) di Muara Teweh.

Dikatakan Jati Prayogo, untuk TPS yang berada di desa wilayah Kecamatan Teweh Tengah kami percayakan dan koordinasikan kepada Kepala Desa nya masing-masing.

“Untuk 8 (delapan) desa yang ada di wilayah Kecamatan Teweh Tengah, kami serahkan dan koordinasikan langsung serta di ambil alih kepala desanya masing-masing dengan berkordinasi dengan babinsa dan bhabinkamtibmasnya serta PPS yang ada diwilayahnya,” ucap Jati Prayogo.

Camat Teweh tengah juga menyampaikan bahwa pihaknya memberikan suport dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan oleh PPK saat ini. Dan berkomunikasi intens terkait sarana dan prasarana yang ada.

Terkait dengan aula Kecamatan, Camat Jati Prayogo menambahkan berdasarkan kajian yang mereka lakukan, bahwa dengan jumlah 805 kotak suara tersebut tidak akan mencukupi walaupun sampai dibelakang bangunan gedung ini.

Lebih lanjut Camat menjelaskan, PPK memberikan masukan kepada KPU Barito Utara terkait dengan aula penyimpanan kotak suara yang semula di aula Kecamatan, agar dipindah ke gedung LPTQ yang ada di Jalan Pramuka Muara Teweh.

“Setelah dikaji oleh mereka dengan jumlah kotak suara sebanyak 805 kotak suara tersebut, gedung LPTQ sangat cocok untuk penyimpanan logistik pemilu seperti kotak suara, dan di gedung tersebut juga bisa dilaksanakan rapat pleno perhitungan suara,” kata Camat Teweh Tengah.

Semetara Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KesbangPol) Kabupaten Barito Utara, Rayadi mengatakan bahwa di Kabupaten Barito Utara sesuai prediksi pemilu akan berjalan aman dan lancar.

“Dukungan Pemkab Barito Utara telah lebih dari cukup, walaupun demikian kita tetap diminta untuk waspada dan selalu memantau serta bersegera diminta membantu bila dibutuhkan dukungannya jika ada kendala dan sebagainya,” kata Rayadi, Sabtu (10/2/2024).

Apalagi kata dia potensi kerawanan yang harus di antisifasi juga memang ada seperti proses di TPS bisa memakan waktu sampai dengan 24 jam, petugas terporsir dan saksi serta masyarakat yang peduli pada pemilu kemungkinan pada waktu tertentu ada yang longgar dalam memantau.

Menurut dia disamping potensi kerawanan lain seperti indikator potensi kerawanan lain TPS kebanjiran, Blank Spot, ada potensi komplik sosial, jarak antar TPS (TPS jauh dari TPS lainnya), DPT mendekati 300 orang, ada wirayat PSU, dan TPS dekat perusahaan.(is)

Related Posts

Rekomendasi