6723812323954065981

Pj Bupati Minta Masyarakat Jangan Membuang Sampah Di Bantaran Kali

Penulis : harapank - Kamis, 7 Desember 2023 07:19 WIB - 283 Views

Muara Teweh – Permasalahan sampah mungkin sudah menjadi momok yang sangat diperhatikan oleh Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) khususnya di Kota Muara Teweh.

Sebagian warga masyarakat di daerah ini masih kurang akan kesadarannya terhadap kebersihan lingkungan, khususnya dibantaran sungai, dimana dapat mengakibatkan pencemaran yang sangat tidak sedap di pandang oleh mata.

Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis mengatakan dengan menumpuknya sampah-sampah yang dibuang sembarangan tempat oknum masyarakat khususnya dipinggiran sungai akan mengakibatkan pencemaran lingkungan, bahkan apabila terjadi hujan yang deras, maka sampah-sampah akan terbawa oleh air hujan hingga terjadi penumpukan di sungai juga menimbulkan bau yang tidak sedap dan menyengat.

Pemkab Barito Utara melalui dinas terkait sudah sering kali memberikan sosialisasi kepada masyarakat bahkan membuat pengumuman yang ditempelkan dibeberapa tempat yang bertuliskan “Jangan Membuang Sampah Sembarangan, dan Buanglah Sampah Pada Tempatnya” sepertinya hanya tulisan biasa dan di anggap angin lalu oleh sebagian masyarakat.

Pj Bupati Muhlis meminta kepada masyarakat yang bermukim atau mendiami pinggiran bantaran sungai agar jangan lagi membuang sampah sembarangan, khususnya di kali atau sungai.

“Buanglah sampah pada tempatnya, yang sudah disediakan oleh pemerintah,” kata Pj Bupati Muhlis disela-sela melakukan peninjauan pada salah satu jembatan yang di dalam Kota Muara Teweh, Selasa, (5/12/2023).

Dalam peninjauan tersebut Pj Bupati Barito Utara Muhlis didampingi Ketua DPRD Barito Utara Ir Hj Mery Rukhaini, Kajari Barito Utara, Dandim 1013/Mtw, Waka Polres, Kepala Pengadilan Negeri Muara Teweh, BPBD, Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup, Camat Teweh Tengah beserta Lurah dan unsur lainnya.

Dikatakan Pj Bupati Muhlis, apabila sampah yang dikelola dengan baik dan benar akan memberikan manfaat bagi masyarakat. “Kita ada bank sampah yang akan mengelola. Apabila sembarangan membuang sampah akan mengakibatkan pencemaran air, pencemaran lingkungan yang menimbulkan bau yang tidak sedap,” imbuhnya.(is)

Related Posts

Rekomendasi