6723812323954065981

Guru sebagai pelaku sekaligus penggerak pembangunan SDM

Penulis : harapank - Sabtu, 2 Desember 2023 09:23 WIB - 270 Views

Muara Teweh – Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis mengatakan guru sebagai pelaku sekaligus penggerak pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), memiliki peran dan tanggungjawab yang besar, terutama dalam membentuk karakter generasi bangsa yang berbudi pekerti luhur sekaligus unggul dalam bidangnya.

Demikian dikatakan Pj Bupati Muhlis dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hery Jhon Setiawan pada acara pembukaan loka karya program guru penggerak angkatan 8 Kabupaten Barito Utara di gedung Balai Antang, Sabtu (2/12/2023).

“Meski sekarang ini aktivitas pembelajaran dapat dilakukan melalui sarana teknologi yang memungkinkan terjadinya interaksi jarak jauh, tapi kehadiran seorang guru tidak serta merta dapat digantikan perangkat teknologi itu, suri tauladan dalam proses pembelajaran formal menjadi aspek penting bagi perkembangan karakter para siswa,” kata Hery Jhon Setiawan.

Dalam bahasa kekinian kata dia disebut membentuk frofil pelajar Pancasila yang memiliki enam ciri utara yaitu Beriman, Tertaqwa Kepada Tuhan Yang maha Esa dan Berakhlak Mulia, Berkebinekaan Global, Bergotong Royong, Mandiri, Bernalar Kritis dan Kreatif.

Lebih lanjut Hery Jhon mengatakan bahwa saudara (guru-red) adalah bagian dari program pendidikan guru penggerak (PPGP) yang merupakan rangkaian kebijakan Merdeka Belajar angkatan ke 8.

“Kalian (guru-red) dipersiapkan sebagai guru-guru terbaik untuk menjadi pemimpin sekolah yang berfokus pada pembelajaran atau instructional leaders). Saya berharap, para calon guru penggerak (CGP) memiliki kompetensi dalam pengembangan diri dan orang lain, pengembangan pembelajaran, manajemen sekolah serta pengembangan sekolah,” kata dia lagi.

Kami kata Hery Jhon memiliki harapan besar agar para guru yang mengikuti program ini semuanya lulus dalam program guru penggerak angkatan 8 ini tahun 2023.

Selanjutnya ia menambahkan kalian semua dapat berkiprah mewujudkan standar nasional pendidikan untuk menjamin mutu pendidikan di Barito Utara sebagai bagian dari NKRI dimana keberpihakan pada murid menjadi orientasi utamanya.

Dalam kegiatan loka karya program guru penggerak angkatan 8 Kabupaten Barito Utara di gedung Balai Antang, Sabtu (2/12/2023) dihadiri Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Jhon Setiawan, Ketua DPRD Hj Mery Rukaini, Ketua Komisi I DPRD Barito Utara Rujana Anggraini, mewakili unsur FKPD, asisten Sekda, kepala perangkat daerah, Kepala Balai Guru Penggerak (BGP) Kalteng I Ketut Sukajaya, kepala sekolah SD, SMP dan SMA dan jajaran dinas pendidikan serta undangan lainnya.(is)

Related Posts

Rekomendasi