6723812323954065981

Fraksi PKB DPRD Barito Utara Sampaikan Pemandangan Umum terhadap dua Raperda

Penulis : harapank - Selasa, 7 November 2023 01:59 WIB - 284 Views

Muara Teweh – DPR Kabupaten Barito Utara menggelar rapat paripurna II dalam rangka penyampaian pemandangan umum fraksi DPRD terhadap dua raperda yaitu rancangan peraturan daerah tentang perubahan ketiga atas peraturan daerah Nomor 2 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Kabupaten Barito Utara dan rancangan peraturan daerah tentang pajak daerah dan retribusi daerah, di gedung DPRD setempat, Senin (6/11/2023).

Fraksi Partai Kebangkitan bangsa (F-PKB) DPRD Barito Utara dengan juru bicaranya Suhendra mengatakan Raperda tentang perubahan ketiga atas peraturan daerah nomor 2 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Kabupaten Barito Utara.

“Perubahan Perda perangkat daerah kali ini dilakukan dalam rangka melaksanakan ketentuan pasal 66 Peraturan Presiden nomor 78 tahun 2021 tentang Badan Riset dan Inovasi Nasional, yang mengamanatkan agar Badan Riset dan Inovasi Daerah dibentuk oleh pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota sesuai dengan peraturan perundang-undangan setelah mendapatkan pertimbangan dari badan riset dan inovasi nasional,” kata Suhendra.

Dikatakannya, pembentukan badan riset dan inovasi daerah akan diintegrasikan dengan urusan pemerintah fungsi penunjang perencanaan. Setelah fraksi PKB membaca dan mencermati pidato pengantar bupati, maka Fraksi PKB memberikan saran dan masukan.

Pertama, apakah pembentukan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) ini nantinya berdiri sendiri atau digabung dengan organisasi perangkat daerah (OPD) dalam hal ini adalah Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) ?

Dikatakannya rancangan peraturan daerah tentang pajak daerah dan retribusi daerah. Dalam Undang-Undang nomor 1 tahun 2022 tentang hubungan keuangan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, mengamanatkan agar seluruh jenis pajak daerah dan retribusi daerah diatur dalam 1 (satu) Peraturan daerah.

Lebih lanjut Suhendra pada raperda yang baru ini, ada upaya untuk menyederhanakan pungutan pajak daerah dan retribusi daerah pada satu organisasi perangkat daerah.

“Berdasarkan hal tersebut Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa melihat raperda ini harus mampu menciptakan efektivitas dan efisiensi pemungutan pajak daerah dan retribusi daerah guna mengoptimalkan pendapatan asli daerah Kabupaten Barito Utara,” kata dia.

Pada kesempatan itu Fraksi PKB membaca dan mencermati pidato pengantar bupati, maka Fraksi PKB memberikan saran dan masukan sebagai berikut :

Pertama, bagaimana upaya pemerintah daerah kabupaten barito utara sejauh ini dalam mengoptimalkan dan memaksimalkan pendapatan daerah dalam hal ini melalui pajak dan retribusi daerah ?

Kedua, apa kendala yang ditemui dalam hal pengoptimalan pemungutan pajak dan retribusi daerah di Kabupaten Barito Utara, dan upaya apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah daerah akan kendala tersebut ?

“Setelah mendengarkan dan mencermati pidato Bupati Barito Utara, dengan mengucapkan “Bismillahirrahmanirrahim“ dan berharap atas ridho Allah SWT, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa siap membahas rancangan peraturan daerah Kabupaten Barito Utara tentang perubahan ketiga atas peraturan daerah nomor 2 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Kabupaten Barito Utara. Dan raperda tentang pajak daerah dan retribusi daerah pada rapat gabungan komisi dengan pemerintah daerah Kabupaten Barito Utara,” kata Suhendra.(is)

Related Posts

Rekomendasi