6723812323954065981

Pj Bupati : Apoteker merupakan salah satu profesi kesehatan yang ada di Barito Utara

Penulis : harapank - Sabtu, 21 Oktober 2023 07:59 WIB - 278 Views

Muara Teweh – Penjabat (Pj) Bupati Barito Utara Drs Muhlis menghadiri kegiatan pelantikan pengurus Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Cabang Kabupaten Barito Utara, sekaligus Rapat Kerja Cabang (Rakercab) dan Seminar Nasional Kefarmasian, di aula salah satu hotel di Kota Muara Teweh, Sabtu (21/10/2023).

Dalam kegiatan itu juga dihadiri Ketua Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah apt Guntur Satrio Pratomo, Kepala Perangkat Daerah, Direktur RSUD Muara Teweh, Kepala BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan Muara Teweh, Ketua Pengurus Ikatan Apoteker Indonesia Cabang Barito Utara Achmad Noor Habibi dan pengurus, Ketua Organisasi Profesi Kesehatan se Barito Utara dan undangan lainnya.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Barito Utara mengucapkan selamat kepada Ketua dan anggota pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia Kabupaten Barito Utara periode 2022-2026 yang telah dilantik,” kata Pj Bupati Muhlis saat memberikan sambutannya pada kegiatan tersebut, Sabtu (21/10/2023).

Pj Bupati Muhlis juga berharap berharap kepada semuanya untuk dapat menjalankan tugas dengan baik dan turut serta dalam pembangunan kabupaten kita tercinta ini melalui pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan dharma baktinya untuk masyarakat.

Menurut Muhlis apoteker merupakan salah satu profesi kesehatan yang ada di Kabupaten Barito Utara ini dimana apoteker merupakan profesional kesehatan yang memiliki spesialisasi dalam melakukan pengelolaan obat–obatan di fasilitas kesehatan, baik itu rumah sakit, puskesmas, ataupun apotek.

Dikatakan Pj Bupati, seorang apoteker berperan dalam memberikan panduan ataupun informasi cara mendapatkan, menggunakan, menyimpan dan membuang obat, serta menginformasikan potensi dari setiap obat yang akan diminum dengan benar.

“Untuk itu saya berharap apoteker dapat membantu masyarakat agar lebih paham dan mengerti dalam menggunakan obat yang baik dan benar sehingga tujuan pengobatan yang diinginkan untuk meningkatkan status kesehatan pasien dapat dicapai dengan optimal,” kata Pj Bupati Barito Utara, Drs Muhlis.

Selain itu dirinya juga mengharapkan apoteker di daerah ini dapat berfungsi membantu dalam hal pengawasan terhadap peredaran obat–obatan yang sering disalah gunakan oleh anak–anak yang dibeli secara bebas.

“Diharapkan dengan pengawasan tersebut anak–anak yang pergaulannya tak terbendung ini dapat terhindar dari bahaya penyalahgunaan obat, karena banyak kasus anak–anak dan remaja terjerumus dalam penyalahgunaan obat,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut juga Pj Bupati Barito Utara mengharapkan peran apoteker di Barito Utara mampu mambantu meningkatkan mutu dan kualitas kesehatan masyarakat di daerah ini agar lebih baik lagi.

“dalam hal ini berperan aktif dalam memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang obat-obatan yang baik dan benar. Sehingga masyarakat tidak mengkonsumsi sembarangan obat-obatan yang akan di beli atau diberikan nantinya. Dengan demikian membuat masyarakat Barito Utara lebih sadar dalam menjaga dan memelihara kondisi tubuh untuk lebih sehat dan kuat,” kata Pj Bupati.

Pj Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada apoteker yang ada di Kabupaten Barito Utara atas perannya di lingkungan Kabupaten Barito Utara ini.

“Teruslah mengabdi dan berkembang membangun Kabupaten kita tercinta. Tidak lupa saya juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Ketua Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah yang telah berkenan melantik dan memberikan bimbingan dan arahannya kepada Ketua Pengurus Ikatan Apoteker Indonesia Cabang Barito Utara Beserta Jajarannya,” pungkasnya.(is)

Related Posts

Rekomendasi